IT pendukung promosi Hotel & Restoran

IT SEBAGAI PENDUKUNG

PROMOSI HOTEL & RESTAURANT DI BANDUNG

Oleh : Jaenudin

Banyak sekali pilihan bagi wisatawan macanegara maupun domestik yang sedang atau akan berwisata di Bandung untuk menginap dalam acara menikmati wisatanya di Bandung. Di Bandung banyak bertebaran hotel, mulai dari hotel bintang satu sampai hotel berbintang lima. Selain itu terdapat banyak Restaurant, Cafe’ dan Rumah Makan

Masalah yang timbul adalah bahwa tidak setiap wisatawan mengetahui informasi yang tepat tentang seluk beluk Hotel & Restaurant di Bandung terutama wisatawan asing atau mancanegara. Hal ini perlu di sikapi oleh setiap pengusaha Hotel & Restaurant di Bandung.

Tidak mudah ternyata untuk memutuskan tempat penginapan dan tempat untuk makan yang tepat terutama dalam keadaan informasi yang sangat terbatas tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya seorang pengusaha/pengelola (perhotelan & restaurant) maka, memudahkan customer untuk mencari hotel & restaurant adalah suatu keharusan yang harus dilakukan. Ada beberapa cara untuk memberikan informasi tentang hotel & restaurant, mulai dari pemasangan iklan di Koran, radio, maupun televisi. Di sana dapat menampilkan baik secara statis atau dinamis. Hal yang paling utama dalam menampilkan hotel & restaurant dalam media di atas tentunya sangat berkaitan dengan biaya yang keluarkan, semakin interaktif dan informative iklan hotel & restaurant, maka biayanya pun akan keluar semakin banyak.

Pilihan lain selain media di atas dalam menginformasikan hotel & restaurant terutama yang berhubungan dengan keaktraktipan, ke-informatipan, real time dan murah dengan jangkauan yang global dalam rangka mempermudah customer untuk langsung membooking, media website adalah pilihan yang paling tepat untuk promosi hotel & restaurant.

Iklan atau promosi tersebut melalui website dapat di lakukan melalui 3 jalur:

  1. Dengan membuat website hotel & restaurant yang baik dan mempunyai daya tarik dengan tidak lupa memberikan kemudahan constumer di dalamnya.
  2. Dengan memasang iklan di website/portal besar (missal website directory), tentunya yang berada di kota Bandung, terutama website yang berada dihalaman pertama search engine.
  3. Mengabungkan kedua alternative di atas, yaitu selain membuat website juga memasang iklan di website/portal kota Bandung.

Dalam membuat website sebaiknya mengunakan desain web yang bagus. Ada beberapa karakteristik dari website hotel yang meningkatkan interaksi bisnis hotel & restaurant langsung dengan hotel & restaurant:

  1. Website hotel & restaurant yang bagus akan mendatangkan keuntungan yang maksimal.
  2. Website hotel & restaurant yang bagus memiliki detail yang lengkap tentang layanan dan fasilitas yang ada.
  3. Website hotel & restaurant yang bagus akan memberikan informasi yang berguna tentang tujuan hotel & restaurant tersebut.
  4. Website hotel & restaurant yang bagus akan muncul pada halaman pertama di search engine.
  5. Website yang bagus harus mudah digunakan untuk booking secara online.
  6. Website yang bagus akan memberikan informasi tentang bagaimana pengunjung menemukannya, kata kunci yang di gunakan untuk menemukan.

Teknis Website Hotel & Restaurant Yang Baik

  • Tampilkan gambar/photo hotel & restaurant yang terbaik tetunya untuk kebutuhan desain web yang terpadu dan atraktif (Gambaran nyaman dan tidaknya hotel & restaurant akan terpancar di sini). Tentunya gambar/photo juga berlaku untuk iklan yang dipasangkan di portal terkenal.
  • Perbanyak berkomunikasi dengan gambar, headline yang menarik (kebanyakan user akan bosan jika membaca tulisan panjang, kecuali untuk content up-date website untuk meningkatkan rangking di search engine).
  • Gambar atau photo harus sering menggunakan gambar secara meluas. Termasuk photo kamar dan menu makanan. Pastikan juga website dapat menampilkan gambar dengan cepat.
  • Desain web secara teknis haruslah mulus, tanpa gambar yang hilang atau link yang mati.
  • Web yang di buat harus dapat berjalan dengan sempurna di semua browser, terutama IE, Netscape dan Mozila.
  • Layar monitor harus dipenuhi dengan rapi dan tidak perlu scroll untuk melihat-lihat website (hal ini dapat mempercepat transfer informasi dan desain web yang nyaman).
  • Website adalah sebagai jendela untuk promosi hotel & restaurant di dunia.
  • Tekankan pada akomodasi yang ditawarkan, itu juga merefleksikan web secara keseluruhan, dan juga seharusnya mengikut sertakan detail hotel & restaurant, layanan, menu makanan dan fasilitas. Seperti:

· Apakah hotel & restaurant dapat mengadakan resepsi pernikahan

· Apakah hotel & restaurant menawarkan fasilitas konferensi

· Apakah hotel punya restoran, sarana olahraga atau kolam renang dan apapun yang ada di hotel.

· Apakah Restaurant menawarkan jasa pengiriman delivery service.

· Pastikan informasi dan fotonya dalam halaman yang berbeda yang menyediakan informasi ini.

  • Website harus atraktif dan punya info yang lengkap tentang tujuan hotel & restaurant tersebut.
  • Website harus dapat menawarkan sesuatu yang berbeda misalnya, informasi yang berharga yang tidak dimiliki oleh orang lain.
  • Ingatlah, pengunjung penting Anda adalah search engine yang akan mendapat informasi yang akan membantu search engine untuk menentukan ranking berdasarkan kata kunci penting yang digunakan. Ini berarti web haruslah optimised untuk search engine sama seperti manusia, yaitu dengan mengisi content website dengan konten yang bermutu.
Sekelumit informasi ini, mudah-mudahan menjadi bahan sumbangan bagi para pengusaha perhotelan & restaurant yang ingin mengembangkan usahanya. Penulis bukanlah seorang guru yang ingin mengurui, tetapi penulis hanya ingin sedikit menyumbangkan pengetahuan, yang mudah-mudahan bermanfaat bagi semua orang, karena sebenarnya tidak menutup kemungkinan usul-usul diatas dapat diterapkan untuk produk usaha lainnya. (Jay’s)

0 komentar:

Posting Komentar