Kerajinan Tana Toraja

Adapun jenis kerajinan yang pengerjaannya mutlak membutuhkan kemampuan seni yang sangat tinggi dan artistik yaitu :

* Kerajinan Tenunan Toraja
* Kerajinan Merangkai Manik-manik
* Kerajinan Membuat Perhiasan Tradisional dari Bahan Emas dan Perak

Salah satu jenis kesenian yang terkenal dan khas Tana Toraja adalah seni ukir, seni sama umurnya dengan leluhur Tana Toraja. Jenis ukiran ini dipakai sebagai ragam dekorasi baik eksterior maupun interior pada rumah adat-adat Toraja (Tongkonan) termasuk pada lumbung padi (Alang Sura').

Semua ukiran yang terdapat pada rumah dan lumbung merupakan lambang atau simbol makna hidup orang Toraja. Ukiran-ukiran itu ada yang bermakna hubungan manusia Toraja dengan pencipta-Nya dengan alam kosmos dan menggambarkan hubungan dengan sesama manusia (Lolo Tau), dengan hewan/ternak (Lolo Patuoan) dengan tanaman (Lolo Tananan).

Sepanjang penelitian diperoleh jumlah ukiran di Tana Toraja sebanyak 67 jenis dengan masing-masing corak dan makna. Warna ukiran terdiri dari warna merah, kuning, putih dan hitam. Semua warna ukiran itu adalah asli diambil dari tanah liat tertentu, yang disebut Litak. Kecuali warna hitam yang diambil dari jelaga (hitam arak pada periuk) atau bagian dalam batang pisang muda.

Masih ada juga jenis seni yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam hidup dan budaya orang Toraja yakni seni pahat. Seni ini dapat dilihat pada Tongkonan Merambu (rumah adat) dan Tongkonan Tang Merambu (kuburan/patane).

Sebagai peralatan hasil seni pahat yang harus ada pada Banua Sura', rumah adat (tongkonan) adalah: Kabongo', yaitu kepala kerbau yang dipahat dari kayu cendana (sendana) atau kayu nangka dan dilengkapi dengan tanduk kerbau asli. Kabongo' ini mengartikan bahwa tongkonan ini adalah Tongkonan Pemimpin Masyarakat dengan kata lain tempat melaksanakan peranan dan kekuasaan adat Toraja.

* Katik
* Tau-tau

Kerajinan Tenunan Toraja

Jenis kerajinan ini sangat terkenal di daerah Sa'dan, Rongkong Mamasa dan Simbuang (Toraja Barat), bahan dasar untuk tenunan ini adalah kain yang ditenun dari benang kapas yang dipintal secara tradisional. Bahan pewarna yang asli terbuat dari tanah berwarna dari kulit pelepah (pa'pak), biji serta dedaunan jenis tanaman tradisional tertentu. Warna yang banyak ditampilkan adalah warna merah, kuning, hitam, hijau dan biru di samping warna putih.

Pada mulanya corak tenunan ini hanya berupa garis-garis lurus berwarna selang-seling, namun dewasa ini sudah banyak yang diberi motif rumah Toraja, dan lain-lain motif ragam hias yang membuatnya semakin menarik.

Perkembangan ini tidak terlepas dari kemampuan para pengrajin tenunan menggunakan jenis benang yang lebih modern tetapi tetap ditenun dengan ciri khas Toraja yaitu dengan alat tenun bukan mesin (alat tradisional).

Pada akhir-akhir ini tenunan Toraja telah banyak digunakan sebagai pakaian adat Toraja baik oleh kaum wanita maupun pria termasuk menjadi bahan jas dan busana pengantin. Busana sejenis ini banyak kita jumpai pada acara Rambu Tuka' ataupun pada acara Festival Budaya Sulawesi Selatan atau Festival Budaya Toraja.

Kerajinan Merangkai Manik-manik

Keterampilan merangkai manik-manik seperti keterampilan menenun jumlahnya sangat terbatas. Keberadaan pengrajin yang juga harus memiliki kemampuan seni tinggi ini, sangat menolong tersedianya asesoris pakaian adat serta bahan dekorasi untuk tempat-tempat berlangsungnya upacara baik Rambu Tuka' maupun pada Rambu Solo'

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wow blognya keren bos...

Me mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar