Pagelaran Kemilau Nusantara 2008

Pada tanggal 24 s/d 26 Oktober 2008, berlangsung pagelaran Kemilau Nusantara 2008 di Bandung. Pagelaran ini sudah berlangsung untuk yang kelima kalinya. Acaranya sendiri selalu diadakan di Lapangan Gazibu Bandung. Acara biasanya dimulai pada hari Jumat dan berakhir puncaknya pada hari Minggu. Pada Hari Minggu diadakan arak-arakan atraksi budaya dari 33 Propinsi. Namun tidak semua Propinsi mewakilkan kontingennya, jumlah peserta yang berpartisifpasi pada acara tahun ini ada 15 Propinsi dan 30 daerah Kabupaten dan Kota. Termasuk di dalamnya, Nangroe Aceh Darussalam, Jambi, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, wilayah Kota Bekasi, Garut, dan Depok. Acaranya cukup meriah, sejalan dengan acara berlangsung, juga diadakan lomba foto yang di organisir oleh Air Photography. Untuk event organizer setiap tahunnya oleh Santano.
Berbagai program acara digelar, mulai dari pameran produk masing-masing propinsi, hingga ke pentas seni tradisional khas dari masing-masing daerah. Dikabarkan pula, acara ini melibatkan segenap kalangan seniman dan budayawan Jawa Barat dan daerah-daerah lain melalui sebuah dialog budaya yang akan digelar pada hari Sabtu, 25 Oktober 2008 di Saung Angklung Udjo, Cicaheum, Bandung.
Melalui setiap program kegiatan acara seperti ini tentu saja harus ada upaya yang berkesinambungan untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk wisata di Indonesia pada umumnya dan Jawa Barat khususnya. Terselenggaranya event attraction setara core event dan major event (Pekan Budaya dan Pameran Benda-benda Budaya). Dengan diselenggarakannya di Bandung semoga menjadikan Bandung sebagai barometer Seni & Budaya nasional. Serta dapat bermanfaat untuk menambah wawasan generasi muda dalam mengenal, melestarikan dan bangga akan kekayaan seni & budaya daerah. (red, jay’s)
***

0 komentar:

Posting Komentar